Bukan direndam minyak goreng, ini cara menyimpan petai kupas agar awet berbulan-bulan

Bukan direndam minyak goreng, ini cara menyimpan petai kupas agar awet berbulan-bulan
YouTube/Phesi Esterju

Brilio.net - Petai dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki aroma khas. Selain itu, tekstur petai juga terkenal renyah seperti kacang. Bahan makanan satu ini pun kerap dijadikan sebagai campuran masakan agar aromanya semakin lezat dan menggugah selera.

Namun sayangnya, petai termasuk salah satu sayuran musiman yang hanya bisa dipanen di waktu tertentu. Maka nggak heran kalau banyak yang memborong petai ketika tengah memasuki musim panen. Karena itu juga petai termasuk salah satu bahan makanan yang terkenal cukup mahal.

Di sisi lain juga, petai pun termasuk sayuran yang tak bisa bertahan lama. Jika disimpan di suhu ruang, petai hanya bisa bertahan selama 3 hari. Setelah itu, kulit petai akan mulai menghitam dan busuk. Sejumlah orang pun mencoba menggunakan bahan tambahan untuk memperpanjang masa simpan petai agar awet dan tetap segar. Salah satunya dengan menambahkan minyak goreng yang dihangatkan untuk merendam petai.

Cara tersebut dipercaya dapat membuat petai tetap segar meski disimpan lebih dari satu minggu di suhu ruang. Selain direndam menggunakan minyak goreng, ternyata ada cara lain yang bisa dicoba agar petai yang sudah dikupas bisa awet selama berbulan-bulan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya