Trik agar pisang matang tak menghitam setelah dikupas, tetap segar mengandalkan 1 bahan dapur

Trik agar pisang matang tak menghitam setelah dikupas, tetap segar mengandalkan 1 bahan dapur
TikTok/@tehnickekania

Brilio.net - Pisang menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Bagaimana tidak, teksturnya lembut dan rasanya yang manis membuat buah satu ini cocok disantap sebagai camilan. Selain itu, buah pisang juga bisa diolah jadi berbagai macam dessert atau minuman lezat.

Di sisi lain, buah pisang juga mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh. Dilansir dari webmd.com, pisang merupakan sumber potasium, magnesium, vitamin B6, dan nutrisi penting lainnya yang baik. Sejumlah nutrisi ini baik untuk pencernaan dan kesehatan jantung.

Banyaknya manfaat buah pisang ini lantas membuat sejumlah orang gemar mengonsumsinya. Bahkan tak jarang, buah pisang ini dijadikan stok bahan makanan di rumah. Memang buah pisang bisa disimpan begitu saja di kulkas atau bahkan suhu ruang.

Namun saat disimpan beberapa hari saja, buah berkulit kuning ini biasanya akan jadi matang. Mengonsumsi pisang matang memang enak karena rasanya pun manis legit. Namun saat dikupas dari kulitnya, daging pisang yang sudah matang ini umumnya akan berubah warna jadi cokelat kehitaman.

Perubahan warna pada buah pisang matang ketika dikupas memang bukan tanpa sebab. Dilansir dari britannica.com, buah pisang cepat berubah warna karena mengandung banyak gas etilen atau pematang buah. Semakin matang buahnya, gas etilen yang keluar akan semakin banyak dan warna permukaan pisang pun bisa jadi hitam.

Padahal mengonsumsi pisang yang sudah hitam tentu bisa menurunkan selera makan. Nah, untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa menerapkan trik sederhana yang dibagikan oleh akun TikTok @tehnickekania. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bisa mempertahankan warna kuning cerah pada pisang dalam waktu yang lama.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya