Trik menyimpan pisang agar lebih tahan lama, tak perlu masukkan kulkas

Trik menyimpan pisang agar lebih tahan lama, tak perlu masukkan kulkas
TikTok/@budiman84

Brilio.net - Sebagai salah satu buah tropis, pisang bisa dengan mudah tumbuh di wilayah Indonesia yang memiliki iklim hangat. Pisang tergolong multifungsi, tak cuma bagian buahnya saja yang dapat dimanfaatkan. Dari jantung hingga daunnya pun bisa dipakai atau diolah menjadi berbagai hal.

Nah, buah pisang sendiri memiliki rasa manis. Teksturnya pun cenderung lembut, nikmat walau hanya sekali gigit. Tak cuma itu, daging buah berwarna putih ini juga kaya akan manfaat kesehatan.

Dilansir dari healthline.com, mengonsumsi pisang dapat membantu menjaga pencernaan, menurunkan berat badan, kesehatan jantung, hingga menangkal radikal bebas. Hal ini lantaran padatnya nutrisi yang terkandung di dalam buah pisang.

Pisang dapat dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dulu menjadi aneka hidangan. Misalnya jadi bahan dasar kolak, pisang goreng, molen, es pisang hijau, dan masih banyak lagi lainnya.

Saking lezat dan kaya manfaat, nggak heran apabila banyak orang menyimpanpisang sebagai stok. Sayangnya tidak sedikit pula yang mengaku pisang sulit disimpan lantaran mudah matang, busuk, hingga muncul tanda hitam.

Usut punya usut, cara penyimpanan pisang yang tidak benar bisa meneyebabkan buah satu ini memang mudah matang lalu busuk, lho. Sekalipun kamu awalnya membeli pisang yang belum matang.

Namun ternyata, ada trik khusus yang dapat kamu terapkan supaya pisang lebih awet dan antibusuk. Dikutip BrilioFood dari akun TikTok/@budiman84 pada Kamis (1/9), ia memberikan cara mudah menyimpan pisang tanpa kulkas, lho.

Trik menyimpan pisang agar lebih tahan lama, tak perlu masukkan kulkas

foto: TikTok/@budiman84

Pertama-tama, siapkan gunting dan solasi. Dalam satu sisir pisang, biasanya terdapat bagian batang atau pangkal. Nah, bungkus rapat bagian tersebut menggunakan solasi. Gulung pakai solasi hingga beberapa kali untuk memastikan batang pisang benar-benar tertutup. Barulah potong ujung solasi dengan gunting.

Lebih lanjut, pengguna akun @budiman84 tersebut pun menjelaskan bahwa proses menutup batang pisang dengan solasi berguna untuk mengurangi kadar oksidasi yang terjadi pada pisang. Kadar oksidasi ini lah yang menyebabkan kondisi pisang cenderung lembap dan mudah matang.

"Fungsinya untuk mengurang kadar oksidasi kelembapan pada pisang," jelasnya dikutip dari TikTok/@budiman84.

Trik menyimpan pisang agar lebih tahan lama, tak perlu masukkan kulkas

foto: TikTok/@budiman84

Setelah dibungkus, lebih baik jangan letakkan pisang di tempat yang lembap seperti kulkas. Tapi cukup simpan dengan cara digantung menggunakan tali agar pisang bisa diangin-anginkan. Nah, teknik ini juga berguna untuk memperlambat proses pematangan pisang, lho.

Karena pada dasarnya, pisang mengeluarkan gas etilen yang bekerja untuk mematangkan buah. Lantas saat digantung, gas etilen cenderung menyebar dan tidak menumpuk di satu bagian. Sehingga tidak ada bagian pisang yang mengalami kematangan lebih cepat dan berakhir membusuk.

Trik menyimpan pisang agar lebih tahan lama, tak perlu masukkan kulkas

foto: TikTok/@budiman84

Trik ini juga akan efektif untuk mencegah munculnya bercak hitam pada pisang, membuat gas etilen tidak berkumpul di sekitar buah. Sehingga buah pisang tetap tahan lama meskipun disimpan di suhu ruang atau tanpa kulkas.

Di sisi lain, pisang juga sebaiknya jangan disimpan bersamaan dengan buah lainnya, ya. Karena setiap buah memiliki gas etilen yang bisa memengaruhi buah lain. Termasuk pisang yang jadi buah paling sensitif terhadap gas etilen.

@budiman84 Tips supaya pisang tidak mudah busuk#samasamabelajar #berbagiilmu original sound - Mr.BDMGOLDEN - Si UdinGOLDEN

Setelah ditonton lebih dari satu juta kali dan dibagikan lima ribu kali, video tersebut sontak menarik perhatian warganet. Tidak sedikit penghuni dunia maya turut membanjiri kolom komentarnya.

Trik menyimpan pisang agar lebih tahan lama, tak perlu masukkan kulkas

INFOGRAFIS TRIK MENYIMPAN PISANG TANPA KULKAS
© 2022 brilio.net/Jayadi Priyanto

"Terimakasih mas bos info y, saya penjual pisang keju sangat terbantu dengan info ini," kata TikTok/@arrafaarrafa.

"anak ku doyan bngt bli pisang ampe 50rb buar stok brapa hari eh malah pda busuk.. makasih info nya," ungkap TikTok/@gsti_viagemoy_hatimu.

"oke pak trimsksih tips nya berguna bgt ," sahut TikTok/@seiinayuna.

"wahhh mAntap nih ilmu nya.. trimakasih bang," tulis akun TikTok/@risristanto.

"pantesan aj kl beli cpt matang en cpt busuk, ntar beli lagilah biar ga busuk thanks bang infonanya" papar TikTok/@lalaqu0210.

"ok maksih bnyak bang, bermanfaat bnget aku suka pisang kl bl bnyak sring cpat busuknya," ujar TikTok/@www.tiktok.com.nyiiteung.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya