Tak perlu dikupas, ini cara menyimpan pisang matang agar tak menghitam dan busuk sampai 5 hari

Tak perlu dikupas, ini cara menyimpan pisang matang agar tak menghitam dan busuk sampai 5 hari
TikTok/@cibebei

Brilio.net - Pisang jadi salah satu buah yang digemari banyak orang. Bukan tanpa alasan, pisang punya rasa manis dan bertekstur lembut. Nggak cuma dimakan langsung, pisang juga bisa diolah jadi berbagai hidangan.

Nah, pisang pun sama seperti buah lainnya yang mengandung segudang manfaat baik bagi tubuh. Dilansir dari healthline.com, jika rutin dikonsumsi, kandungan pisang bisa melancarkan aliran oksigen dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga menurunkan risiko penyakit jantung, lho.

Karena bisa diolah jadi berbagai menu dan padat nutrisi, nggak heran kalau akhirnya pisang sengaja distok di rumah. Stok pisang tentu harus disimpan dengan benar. Apalagi kalau kondisi pisang sudah matang. Alih-alih awet, jika ditaruh atau disimpan sembarangan, stok pisang justru kehitaman hingga akhirnya busuk.

Nah, supaya pisang yang telah matang tetap bisa disimpan tak cepat busuk, sejumlah orang sengaja mengupas kulitnya terlebih dahulu. Pisang yang sudah dikupas kemudian disimpan di dalam wadah kedap udara lalu dimasukkan ke kulkas. Meski awet, cara ini terbilang ribet karena harus mengupasnya satu per satu, kan?

Buat kamu yang nggak mau ribet, bisa mengikuti cara yang ditunjukkan oleh pengguna TikTok @cibebei. Di unggahan videonya, warganet satu ini hanya mengandalkan satu alat sederhana saat menyimpan stok pisangnya. Menurutnya, cara ini ampuh membuat pisang tahan lama.

"So far, cara ini freshnya bisa lebih awet 4-5 hari ke depan," tulisnya di keterangan videonya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya