Tanpa garam atau air cucian beras, ini trik suburkan pohon pisang agar hasil buahnya lebih manis

Tanpa garam atau air cucian beras, ini trik suburkan pohon pisang agar hasil buahnya lebih manis
YouTube/petani tulen

Brilio.net - Di wilayah tropis seperti Indonesia, pohon pisang bisa tumbuh dengan subur. Saking suburnya, pohon pisang bahkan bisa tumbuh di pot atau di pekarangan rumah yang sempit. Memang pada dasarnya, tak perlu perawatan khusus untuk menumbuhkan pohon pisang.

Walaupun begitu, kamu tetap harus melakukan upaya lebih jika ingin mendapat hasil buah yang manis. Sebagian orang biasanya memberikan pupuk untuk meningkatkan kesuburan pohon pisang. Nah, beberapa jenis pupuk juga dinilai dapat membuat pohon pisang berbuah lebih manis.

Di antara banyak jenis pupuk, kamu bisa memilih pupuk organik. Biasanya pupuk organik ini berasal dari bahan sederhana yang mudah didapat. Misalnya berbahan dasar bahan dapur seperti air cucian beras atau bahkan garam. Kedua bahan ini kerap dicampur untuk kemudian disiramkan ke pohon pisang sebagai pupuk cair.

Penggunaan garam dan air cucian beras dipercaya dapat membuat pohon pisang menghasilkan buah yang lebih manis. Namun tahu nggak sih, sebenarnya ada bahan lain yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pertumbuhan buah pada pohon pisang.

Seorang pengguna YouTube petani tulen mengaku menggunakan micin. Bahan dapur ini diberikan sejak pohon pisang berusia 2 bulan. Menurutnya, kandungan mononatrium glutamat pada micin bisa merangsang pertumbuhan akar, yang membuat pohon pisang menyerap nutrisi dengan lebih maksimal. Alhasil, buah yang ditumbuhkan juga lebih manis dan besar.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya