Cara menyimpan pisang matang di kulkas, tak lembek dan menghitam sampai 1 minggu

Cara menyimpan pisang matang di kulkas, tak lembek dan menghitam sampai 1 minggu
foto: YouTube/Eva & Ridwan

Brilio.net - Pisang dikenal sebagai buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Ada banyak jenis pisang yang tumbuh di wilayah tropis ini, seperti pisang raja, uli, tanduk, kepok, hingga pisang susu. Segala jenis pisang ini bisa didapat dengan mudah dan harganya pun relatif murah di pasaran.

Buah kuning satu ini biasanya dikonsumsi langsung sebagai camilan. Namun ada juga yang mengolahnya jadi hidangan lezat, seperti pisang goreng, bolu, pancake, kolak, dan masih banyak lagi. Banyaknya hidangan dari pisang ini membuat sejumlah orang kerap menyetok pisang dalam jumlah banyak.

Namun jika sering menyetok pisang di rumah, pastikan kamu menyimpannya dengan baik, ya. Bukan tanpa sebab, pisang termasuk buah yang mudah sekali busuk. Dalam waktu 2-3 hari saja, tampilan pisang ini bisa berubah jadi kehitaman dan lembek jika diletakkan di suhu ruang.

Untuk memperpanjang masa simpannya, banyak orang kemudian memilih meletakkan pisang di dalam kulkas. Namun jika pengemasannya kurang tepat, pisang tetap akan busuk dalam waktu cepat, lho. Terlebih jika pisang disimpan dalam kondisi sudah matang. Biasanya pisang matang akan membusuk dan hitam dalam waktu 3 hari meski disimpan dalam kulkas.

Pada dasarnya, perlu cara khusus untuk menyimpan pisang matang di dalam kulkas. Beruntungnya, seorang pengguna YouTube Eva & Ridwan pernah membagikan cara ampuh yang biasa digunakan untuk memperpanjang masa simpan pisang matang. Mulanya, dia juga mengaku kesulitan menyimpan pisang karena buah satu ini cepat busuk. Namun setelah berbagai percobaan, pengguna YouTube tersebut akhirnya menemukan cara tepat dalam menyimpan pisang.

"Pengalaman saya, ditaruh di tempat terbuka, cepat busuk. Ditaruh di kulkas, cepat busuk. Ditaruh diplastikin terus ditaruh di kulkas, ya cepat busuk juga. Jadi, emang benar-benar harus tahu cara menyimpannya," ujar YouTube Eva & Ridwan dikutip BrilioFood pada Rabu (15/9).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya