Bukan ditambah agar-agar, ini trik masak nasi di rice cooker hasil pulen cuma pakai 1 bahan dapur

Bukan ditambah agar-agar, ini trik masak nasi di rice cooker hasil pulen cuma pakai 1 bahan dapur
foto: TikTok/@tianandtine

Brilio.net - Nasi jadi makanan utama bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Nasi cocok dimakan bersama berbagai aneka lauk serta sayur, seperti ayam, ikan, daging, brokoli, terong, dan masih banyak lagi. Jenis nasi pun banyak macamnya, mulai dari nasi putih, merah, cokelat, hingga hitam.

Tetapi tekstur nasi biasanya berbeda, ada yang pera (keras) dan pulen. Hal ini tentu dipengaruhi jenis beras dan proses memasaknya. Kebanyakan orang menyukai hasil nasi yang pulen. Bukan tanpa alasan, mengonsumsi nasi pulen nggak memerlukan waktu lama untuk mengunyahnya.

Agar nasi yang dihasilkan pulen, sebagian orang menambahkan berbagai bahan ke dalam beras. Salah satu bahan yang sering ditambahkan adalah agar-agar bening. Tinggal aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata. Jika sudah, masak nasi seperti biasanya. Setelah matang, tekstur nasi pun jadi lebih lembut dan pulen dari biasanya.

Namun nggak perlu khawatir kalau kamu nggak punya stok agar-agar di rumah, karena ada bahan dapur lainnya yang bisa menggantikan fungsinya. Cara ini sempat dibagikan oleh pengguna TikTok @tianandtine. Di videonya, warganet satu ini memberikan tutorial saat sedang memasak nasi berwarna hitam. Tanpa ditambah agar-agar, hasil nasi hitamnya pun tetap matang sempurna dan pulen, lho. Gimana sih, caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya