Bukan ditambah air, ini trik ampuh mengatasi masakan yang terlalu manis cukup pakai 1 bahan dapur

Bukan ditambah air, ini trik ampuh mengatasi masakan yang terlalu manis cukup pakai 1 bahan dapur
foto: Instagram/@melizah21

Brilio.net - Berbagai macam perasa seperti garam, gula, dan penyedap sudah menjadi bumbu yang wajib ditambahkan dalam masakan. Jika ingin cita rasa masakan lebih enak, sejumlah bumbu tersebut tentu harus ditambahkan dengan takaran yang pas. Karena jika tidak, rasa masakan justru tidak sesuai selera pembuat atau penikmatnya.

Sayangnya, sejumlah kesalahan seperti menambahkan bumbu terlalu banyak dalam masakan memang kerap terjadi. Saat memasak makanan berat yang cenderung gurih, banyak orang sering menambahkan garam secara berlebih. Alhasil, masakan jadi keasinan dan kurang enak disantap.

Namun selain garam, gula juga jadi salah satu bumbu yang sering ditambahkan dengan takaran berlebih. Hal ini pernah dialami oleh pengguna Instagram @melizah21. Saat hendak memasak tahu dan tempe bacem, dia mengaku masakan tersebut cenderung kemanisan karena terlalu banyak diberi gula merah dan kecap manis.

Saat mengalami masalah seperti itu, sejumlah orang biasanya akan menambahkan air untuk mengurangi rasa manisnya. Namun penambahan air juga dapat memengaruhi rasa lain, seperti gurih dan sedap masakan. Jika sudah begitu, kamu tentu harus kembali menambahkan garam atau penyedap lagi untuk menyeimbangkan rasanya.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya