Bukan ditambah jeruk nipis, ini trik jitu menanak nasi agar lebih wangi dan tidak cepat basi

Bukan ditambah jeruk nipis, ini trik jitu menanak nasi agar lebih wangi dan tidak cepat basi
YouTube/Resep Uni Indri

Brilio.net - Nasi merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia. Nggak cuma mengenyangkan, nasi juga mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Dilansir dari healthline.com, di dalam nasi terdapat karbohidrat, lemak, magnesium, zat besi, asam folat, dan nutrisi lainnya.

Agar lebih praktis menanak nasi, kebanyakan orang sengaja mengandalkan rice cooker. Tinggal masukkan beras dan air sesuai takaran, lalu nyalakan tombol on. Selang beberapa waktu, nasi pun menjadi matang dan siap untuk dikonsumsi.

Jadi tidak heran jika banyak sekali berbagai merek mengeluarkan produk rice cooker. Salah satu yang mungkin bisa menjadi pilihan yakni Cosmos 4 in 1 Mini Digital Rice Cooker. Alat masak ini multifungsi dapat memasak nasi, sup, bubur, dan kue dengan mudah dan cepat. Alat ini dilengkapi dengan layar digital yang memudahkan pengaturan waktu dan suhu.

Alat ini juga memiliki desain yang kompak dan ringan, cocok untuk dibawa bepergian atau digunakan di ruang yang terbatas. Cosmos 4 in 1 Mini Digital Rice Cooker adalah pilihan yang tepat untuk yang menginginkan kemudahan dan kenyamanan dalam memasak. Nah, untuk mengetahui harga termurahnya di ecommerce, kamu bisa klik di bawah ini.

Meski terbilang praktis, penggunaan rice cooker pun nyatanya nggak lepas dari kendala, lho. Misalnya bisa bikin hasil nasi malah cepat basi, nih.

Untuk solusinya, sebagian orang melakukan eksperimen, sebelum ditanak, bisa memasukkan beberapa bahan tambahan ke panci rice cooker. Salah satu bahan yang kerap digunakan adalah air perasan jeruk nipis.

Penambahan air perasan jeruk nipis memang dipercaya dapat membuat nasi lebih enak dan tahan lama. Nggak cuma itu, nasi yang dihasilkan pun akan tampak lebih putih bersih dan tidak cepat menguning meski disimpan dalam waktu lama di rice cooker.

Namun, nggak perlu khawatir jika kamu tidak punya stok jeruk nipis di rumah. Karena ternyata ada cara lain untuk menghasilkan nasi yang pulen dan tak mudah basi. Cara ini ditunjukkan oleh pengguna YouTube @kakwichannel melalui video unggahannya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya