Bukan ditambah potongan sandal bekas, ini trik hentikan gas elpiji bocor pakai 1 alat sederhana

Bukan ditambah potongan sandal bekas, ini trik hentikan gas elpiji bocor pakai 1 alat sederhana
YouTube/Darmawan Geranting

Brilio.net - Saat memasang regulator, tabung gas elpiji bisa saja bocor. Hal ini sebaiknya jangan dibiarkan karena berisiko menimbulkan ledakan. Ada banyak penyebab tabung gas bisa bocor, seperti ukuran regulator yang kurang cocok dengan tabung gas ataupun karet seal longgar.

Sejumlah orang yang mendapati tabung gas bocor biasanya memilih menghubungi penjual gas untuk menukarkannya dengan tabung baru. Di sisi lain, tak sedikit yang memilih mengatasinya sendiri dengan alat seadanya yang ada di rumah. Salah satunya, tabung gas bocor bisa diatasi dengan sandal bekas.

Sandal bekas bisa dipotong berbentuk lingkaran kecil untuk disematkan ke dalam tabung gas, sehingga bisa menutup celah sumber kebocoran pada tabung. Pengalaman seputar mengatasi tabung gas elpiji bocor juga sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube Darmawan Geranting, nih.

"Kalau tabung dan seal kurang bagus, kita goyang (regulator) sedikit aja pasti bocor," tuturnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Darmawan Geranting pada Kamis (4/4).

Namun, alih-alih pakai potongan sandal bekas, warganet akrab disapa Darmawan mengaku punya trik lain yang nggak kalah sederhana. Sebelum masuk ke triknya, lepaskan dan sisihkan dulu karet seal bawaan dari tabung gas. Kemudian, siapkan 1 buah karet gelang.

Yup, karet gelang inilah alat utama untuk mempraktikkan trik hentikan gas elpiji bocor. Potong karet gelang tersebut seukuran dengan lubang tabung gas. Setelah dipotong, masukkan secara melingkar ke dalam lubang tabung gas.

(brl/psa)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya