Bukan garam atau cuka, ini trik mencuci sayur agar bebas kuman dan pestisida cuma pakai 1 bahan dapur

Bukan garam atau cuka, ini trik mencuci sayur agar bebas kuman dan pestisida cuma pakai 1 bahan dapur
foto: TikTok/@aelkemariska

Brilio.net - Makan sayur secara rutin bisa jadi kebiasaan bermanfaat untuk tubuh. Dilansir dari hsph.harvard.edu, makan sayur setiap hari bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke, mencegah pertumbuhan sel kanker, menyehatkan alat pencernaan, menstabilkan gula darah, menjaga nafsu makan agar tak berlebih, dan lain sebagainya.

Banyak variasi sayur yang bisa jadi pilihan menu makan harian, seperti bayam, wortel, buncis, pakcoy, sawi, selada, kol, brokoli, kembang kol, kangkung, dan lain sebagainya. Saking banyaknya jenis sayur, pastinya nggak ada alasan bosan makan sayur lagi, nih. Sejumlah sayuran ini juga bisa dimasak jadi hidangan apapun sesuai selera.

Kamu bisa membuatnya jadi menu berkuah, tumisan, grill atau panggang, sampai direbus atau dikukus begitu saja. Sayuran juga bisa disantap langsung begitu saja maupun dimakan bersama nasi, protein hewani, dan menu lainnya. Buat yang doyan menyimpan stok sayur di rumah, penting untuk mengetahui cara mencucinya agar bebas dari kuman dan sisa pestisida tanaman.

Kebanyakan orang memanfaatkan garam ataupun cuka untuk mencuci aneka jenis sayur. Di sisi lain, ada satu bahan lagi yang bisa jadi alternatif, lho. Triknya sempat dibagikan oleh warganet di akun TikTok @aelkemariska. Lantas, apa sih bahan yang dimaksud buat mencuci sayuran dari kuman dan pestisida?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya