Cara jitu menyimpan labu siam, tak busuk hingga 1 bulan tanpa ditaruh freezer

Cara jitu menyimpan labu siam, tak busuk hingga 1 bulan tanpa ditaruh freezer
foto: YouTube/Galeri Linda

Brilio.net - Bagi sejumlah orang, rutin makan sayur setiap hari sudah jadi kewajiban. Sebab, sayur memang dipercaya bisa memberi aneka khasiat untuk tubuh. Di sisi lain, tak melulu sayur, banyak pula jenis buah-buahan yang dikonsumsi sebagai sayur, salah satunya yang jadi favorit orang di Indonesia, yakni labu siam. Tak hanya sehat, labu siam juga punya rasa enak dan menyegarkan.

Dilansir dari healthline.com, labu siam kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan lainnya yang bisa meningkatkan kesehatan jantung, menstabilkan gula darah, mencegah pertumbuhan sel kanker, menjaga kulit tetap awet muda, melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, dan lain sebagainya.

Labu siam pun dapat dimasak jadi berbagai kreasi hidangan lezat, misalnya ditumis, dijadikan sup, dimasak bersama sambal goreng, dan lain-lain. Wah, membayangkan menu-menu tersebut saja sudah bikin ngiler, ya? Pasti tak sabar ingin belanja labu siam di pasar buat jadi stok bahan masakan di rumah, kan?

Nah, sebelum membeli, wajib tahu dulu cara menyimpan labu siam jadi stok di rumah, nih. Pasalnya, kalau asal simpan begitu saja di kulkas usai membelinya di pasaran, labu siam bisa-bisa cepat busuk hanya dalam 5 sampai 7 hari masa penyimpanan, lho. Padahal, labu siam bisa awet bahkan hingga 1 bulan lamanya.

Lantas, penasaran gimana caranya menyimpan labu siam yang bisa awet 1 bulan?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya