Bukan nanas atau baking soda, begini trik marinasi daging sapi agar makin empuk pakai 1 bahan dapur

Bukan nanas atau baking soda, begini trik marinasi daging sapi agar makin empuk pakai 1 bahan dapur
foto: TikTok/@bbqmountainboys

Brilio.net - Daging sapi seringkali dijadikan lauk makan yang lezat dan bergizi. Kandungan protein yang tinggi pada daging sapi juga membuatnya kerap dipilih sebagai menu makan sehat. Dilansir dari betterhealth.vic.gov.au, daging sapi memiliki semua asam amino esensial atau dikenal sebagai protein lengkap yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh. Nggak heran jika kemudian banyak orang gemar mengonsumsi makanan satu ini.

Namun di balik tingginya nutrisi tersebut, banyak orang yang kerap mengeluhkan proses pengolahan daging sapi. Bukan tanpa sebab, kandungan protein pada daging juga membuat teksturnya semakin alot. Jika tidak diolah dengan baik, tekstur daging justru bisa semakin alot sekalipun sudah dimasak.

Untuk mengatasi hal tersebut, daging harus diolah terlebih dahulu dengan beberapa metode. Salah satu metode umum yang dilakukan untuk mengempukkan daging adalah dengan marinasi. Biasanya sejumlah orang akan memarinasi daging sapi ini dengan bahan khusus, seperti nanas atau baking soda. Kedua bahan ini dipercaya dapat memecah serat protein pada daging, sehingga jadi lebih empuk.

Namun perlu diketahui bahwa nanas dan baking soda ini bisa memberikan efek lain pada daging sapi, lho. Jika dimarinasi menggunakan nanas, tekstur daging berpotensi hancur. Hal ini kerap terjadi ketika daging dimarinasi dengan waktu yang terlalu lama. Di sisi lain, penggunaan baking soda dapat membuat rasa daging sapi justru pahit.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya