Bukan pakai bumbu dapur, ini cara membasmi hama pada tanaman cabai mengandalkan 1 bahan minuman

Bukan pakai bumbu dapur, ini cara membasmi hama pada tanaman cabai mengandalkan 1 bahan minuman
foto: YouTube/Nursan Garden

Brilio.net - Cabai bisa dibilang sebagai salah satu bahan wajib untuk membuat banyak hidangan khas Nusantara. Sebut saja rendang, tongseng, pepes, ayam geprek, seafood bumbu padang, semua masakan ini dibuat menggunakan cabai sebagai salah satu bahan utamanya. Rasa pedas dari cabai bisa bikin hidangan semakin nikmat dan sempurna.

Tak sedikit orang-orang yang gemar dengan rasa pedas rutin membeli cabai di pasaran biar stok cabai di rumah selalu aman. Di samping itu, ada pula yang memilih menanam pohonnya sendiri di pekarangan rumah, lho. Pasalnya, tanaman cabai cenderung mudah tumbuh meski hanya ditanam di area yang sempit, seperti pot, polybag, atau botol dan galon bekas, lho.

Berbagai jenis bibit cabai berkualitas bisa kamu dapatkan dengan mudah di e-commerce. Untuk rekomendasi merek terbaiknya kamu bisa klik di bawah ini.

Namun, meski mudah ditanam, pohon cabai juga berisiko rusak atau mati kalau tidak dirawat dengan baik, lho. Salah satu faktor tanaman cabai bisa rusak itu lantaran diserang hama. Sejumlah hama, baik kutu, semut, ulat, atau lainnya memang terkenal senang hinggap dan menggerogoti tanaman cabai.

Untuk membasmi hama pada tanaman cabai, kamu dapat menggunakan pestisida kimia maupun alami. Kalau yang alami, seringkali orang-orang memanfaatkan sejumlah bumbu dapur, misalnya garam, micin, bawang, dan lain sebagainya. Di sisi lain, ada pula bahan lain yang juga dapat dimanfaatkan untuk membasmi hama pada tanaman cabai, lho.

Triknya sempat dibagikan oleh warganet akrab disapa Dinda lewat unggahan di akun YouTube pribadinya. Ia mengaku sempat mendapati hama semut yang mampir ke tanaman cabai miliknya. Maka, untuk mengatasinya, ia menggunakan satu jenis bahan minuman yang sangat mudah ditemukan di pasaran.

Penasaran nggak sih bahan minumannya apa? Caranya juga gimana, ya? Intip yuk, detailnya!

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya