Tanpa sabun cuci piring, ini trik mengusir kutu, tungau, dan ulat pada tanaman pakai 1 bahan dapur

Tanpa sabun cuci piring, ini trik mengusir kutu, tungau, dan ulat pada tanaman pakai 1 bahan dapur
TikTok/@netafarm.id

Brilio.net - Ada banyak jenis tanaman dapat tumbuh subur di pekarangan rumah. Mulai dari tanaman hias, sayur, buah, hingga bumbu rempah. Kegiatan menanam aneka tanaman di rumah sangat bermanfaat untuk menghemat keuangan, lho. Bahkan, kalau hasil panen melimpah, sayur dan rempah-rempah bisa dijual.

Namun, jenis tanaman apapun yang ada di rumah wajib dirawat secara rutin, ya. Dengan begitu tanaman bisa tumbuh subur dan bebas hama. Karena tanaman dikenal rawan terserang hama. Baik kutu, tungau, ulat, cacing, dan lainnya. Jika tidak diperhatikan, sederet hama tersebut dapat merusak tanaman.

Sebenarnya apa sih penyebab hama bisa muncul? Usut punya usut, hama dapat hinggap di tanaman karena ada bakteri, virus, suhu lembap, kualitas tanah yang kurang baik, dan lain sebagainya.

Nah, ada berbagai trik untuk mengusir hama tanaman, seperti mengaplikasikan obat khusus pengusir hama tanaman, menyemprotkan larutan sabun cuci piring, dan masih banyak lagi.

Tetapi, kalau tidak mempunyai stok bahan-bahan pengusir hama tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan bahan dapur, lho. Nah, trik ini sempat dibagikan oleh warganet di akun TikTok @netafarm.id.

"Bahan ini bisa dijadikan pestisida alami, lho. Digunakan sebagai penghalau ampuh untuk kutu, tungau, ulat, sampai cacing perusak akar pada tanaman," jelas pemilik akun TikTok @netafarm.id, dikutip BrilioFood pada Kamis (26/10).

Lantas, penasaran gimana triknya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya