Cuma pakai 2 bahan dapur, ini trik melebatkan pohon daun jeruk purut agar makin rimbun dan bebas hama

Cuma pakai 2 bahan dapur, ini trik melebatkan pohon daun jeruk purut agar makin rimbun dan bebas hama
foto: TikTok/@bungaharum_89

Brilio.net - Daun jeruk purut sering dipakai untuk penyedap berbagai macam masakan. Jenis rempah daun ini punya aroma yang wangi dan rasa yang sedikit pedas. Ketika dimasukkan ke dalam masakan, daun jeruk tadi akan membuat masakan lebih sedap dan menggugah selera.

Saking seringnya dipakai untuk campuran masakan, banyak orang kemudian menanam pohon jeruk purut ini di halaman rumah. Walau memiliki buah, namun bagian daunnya lebih sering digunakan. Dengan menanam pohon jeruk purut, kamu bisa memetik dan menggunakan daunnya yang segar untuk keperluan memasak.

Pada dasarnya, menumbuhkan tanaman jeruk purut di rumah cenderung praktis dan perawatannya pun nggak ribet. Bahkan tanpa pupuk kimia yang khusus, pohon jeruk purut yang kerap disiram saja bisa tumbuh dengan sendirinya. Asupan air dan sinar matahari yang cukup akan membuat pohon jeruk purut bisa tumbuh.

Sayangnya, bertumbuhnya pohon jeruk purut ini terkadang tidak diimbangi dengan daun yang lebat. Dalam beberapa kasus, batang pohon jeruk purut bisa terus membesar, namun daun yang dihasilkan tidak banyak. Padahal pohon jenis ini kerap ditanam untuk bisa dipanen bagian daunnya.

Tak hanya itu, pohon jeruk purut juga rentan terkena hama seperti semut dan ulat. Jika dibiarkan begitu saja, hama tersebut dapat menggerogoti daun-daun dan bikin rontok. Masalah seperti ini kerap menjadi PR tersendiri bagi orang yang memiliki tanaman jeruk purut.

Jika kamu termasuk salah satunya, tak perlu khawatir. Ada trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Seorang pengguna TikTok @bungaharum_89 pernah membagikan trik merawat pohon jeruk purut miliknya agar daunnya makin lebat dan bebas hama.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya