Jangan cuma pakai es batu, ini trik agar adonan bakso kenyal dan empuk pakai tambahan 1 bahan makanan

Jangan cuma pakai es batu, ini trik agar adonan bakso kenyal dan empuk pakai tambahan 1 bahan makanan
TikTok/@bang_syamil

Brilio.net - Olahan daging yang dibuat baksokalau disajikan dengan kuah kaldu sedap bisa memanjakan lidah. Apalagi kalau sajian baksonya ditambah sambal, kecap, dan saus yang bisa memperkaya rasa. Dijamin langsung ketagihan.

Selain dari kuahnya yang sedap, kunci utama kelezatan bakso adalah tekstur bakso itu sendiri. Sebagian besar orang gemar mengonsumsi bakso yang bertekstur kenyal dan padat. Hal itu juga menandakan bahwa bakso dibuat dari daging yang melimpah, sehingga rasanya pun lebih enak.

Memang pada dasarnya, bahan utama pembuatan bakso adalah aneka jenis daging. Baik daging sapi, kambing, ayam, hingga ikan. Nah, daging tersebut lantas digiling dan dicampur dengan bahan lain seperti penyedap dan pengenyal.

Bahan pengenyal yang digunakan pun sangat beragam. Ada pengenyal yang terbuat dari bahan kimia yang banyak dijual di pasaran. Namun ada pula pengenyal alami yang nggak kalah sering digunakan, yakni es batu. Penambahan es batu atau air es pada saat membuat bakso dapat membantu memperbaiki stabilitas emulsi yang terbentuk, sehingga tekstur adonan jadi lebih kenyal.

Tapi sebenarnya ada bahan lain yang bisa digunakan sebagai pengenyal alami ini. Seorang pengguna TikTok @bang_syamil pernah membagikan trik sederhana agar adonan bakso jadi lebih kenyal. Usut punya usut, dia tidak hanya menggunakan es batu, namun ada bahan makanan lain yang ditambahkan untuk mengenyalkan tekstur bakso.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya