Bukan pakai sitrun, ini cara enyahkan kerak gosong di dasar panci dengan 2 bahan dapur tanpa disikat

Bukan pakai sitrun, ini cara enyahkan kerak gosong di dasar panci dengan 2 bahan dapur tanpa disikat
TikTok/@mainefromscratch

Brilio.net - Saat masak, terutama tumisan, memang berisiko membuat dasar panci jadi berkerak dan kehitaman. Pasalnya, memasak tumisan biasanya hanya pakai air atau minyak sangat sedikit, sehingga bahan masakan mudah sekali lengket ke dasar panci. Jika noda masakan sudah berkerak dan gosong, akan sulit dihilangkan.

Makanya banyak orang memilih bahan pembersih dengan kandungan tertentu biar ampuh mengangkat noda, salah satunya sitrun atau citric acid. Sitrun dikenal punya kadar asam yang cukup tinggi, sehingga bisa melunturkan noda membandel dengan mudah. Namun, tak semua orang punya stok sitrun.

Nah, buat kamu yang nggak punya sitrun, jangan khawatir. Masih ada trik lain yang tak kalah ampuh membantu bersihkan kerak gosong di dasar panci, nih. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @mainefromscratch. Usut punya usut, trik ini hanya membutuhkan dua bahan dapur dan tanpa proses menyikat sama sekali, lho. Intip triknya, yuk.

"I do this almost monthly! It’s so satisfying to have it look brand new (Aku melakukan ini hampir setiap bulan! Sangat memuaskan karena panci jadi terlihat seperti baru)," ungkap warganet di akun TikTok @mainefromscratch, dikutip BrilioFood pada Rabu (1/11).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya