Tak perlu baking soda atau cuka, begini cara mencuci kain serbet kumal agar kembali cerah dan wangi

Tak perlu baking soda atau cuka, begini cara mencuci kain serbet kumal agar kembali cerah dan wangi
YouTube/yulia pebrianti tika

Brilio.net - Dapur yang bersih pasti bikin penggunanya lebih nyaman. Walau tidak dapat dipungkiri, aktivitas memasak selalu menimbulkan noda dan berpotensi bikin dapur jadi kotor. Namun hal tersebut bisa diatasi jika dapur langsung dibersihkan setelah digunakan.

Saat hendak membersihkan dapur, sebagian besar orang pasti sudah menyiapkan kain khusus. Misalnya lap kain yang kerap dianggap serbet, sering digunakan untuk membersihkan permukaan dapur. Tak hanya meja dapur, tapi perabot dapur seperti kompor, wastafel, hingga lemari dapur juga dibersihkan menggunakan kain serbet ini.

Berbeda dari kain biasa, serbet ini didesain dengan kain serat yang rapat. Nah, desain tersebut membuatnya bisa menyerap noda lebih maksimal. Sekalipun noda minyak atau saus yang kental bisa terserap dengan sempurna saat dilap dengan kain serbet.

Sayangnya, noda tersebut jadi berpindah ke serbet dan membuat peralatan pembersih dapur ini kotor. Bahkan saking kotornya, tampilan kain serbet bisa jadi dekil dan kumal. Tak hanya itu, kain serbet yang kotor ini juga berpotensi mengeluarkan bau apek. Saat digunakan terus menerus, bau apek dan kotorannya justru bisa berpindah ke permukaan benda. Alih-alih bersih, benda yang dilap dengan serbet justru makin kotor.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebagian orang biasanya akan menggunakan bahan khusus. Salah satunya dengan merendam serbet di cairan yang sudah dicampur baking soda dan cuka. Campuran kedua bahan ini dipercaya bisa mengangkat noda membandel sekalipun.

Namun selain dua bahan tadi, sebenarnya ada bahan lain yang tak kalah ampuh, lho. Seorang pengguna YouTube yulia pebrianti tika pernah menjelaskan lebih lanjut melalui salah satu video yang diunggah. Saat dia hendak mencuci serbet kumal miliknya, tidak mengandalkan baking soda atau cuka.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya