Bukan pakai tisu dapur, begini cara membersihkan lemak membandel di kotak makan plastik

Bukan pakai tisu dapur, begini cara membersihkan lemak membandel di kotak makan plastik
YouTube/FabioLou's Life

Brilio.net - Kotak makan menjadi salah satu peralatan yang cukup penting. Alat ini bisa digunakan untuk wadah makanan supaya lebih terjaga kualitasnya. Bukan tanpa alasan, kotak makan biasanya didesain kedap udara, sehingga makanan di dalamnya tak mudah terkontaminasi.

Perabot satu ini memang sangat multifungsi. Bisa untuk wadah bahan makanan, bekal makan saat di luar, atau tempat buat menyimpan masakan siap santap. Saking pentingnya, sejumlah orang bahkan memiliki stok kotak makan yang cukup banyak di rumah.

Kini kamu bisa menemukan kotak makan dengan mudah di pasaran. Dengan berbagai jenis, bahan, dan ukuran, kotak makan cukup laris manis karena dibutuhkan banyak orang. Namun biasanya, kotak makan berbahan plastik yang seringkali jadi pilihan.

Bukan tanpa alasan, kotak makan berbahan plastik memang cenderung ringan. Walaupun begitu, perabot ini didesain dengan bentuk kokoh.

Selain itu, ada banyak ukuran dan bentuk kotak makan plastik yang dijual dengan harga terjangkau. Nggak heran jika kemudian banyak orang yang menggunakan jenis kotak makan ini.

Namun perlu diketahui bahwa kotak makan plastik juga memiliki kekurangan tersendiri, lho. Saat digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang berminyak, sisa nodanya akan dengan mudah menempel. Lemak pada minyak cenderung sulit dibersihkan di permukaan perabot plastik, termasuk kotak makan.

Saat dibersihkan dengan sabun cuci piring, biasanya akan ada sisa lemak yang membuat permukaan kotak makan jadi licin. Oleh sebab itu, banyak orang kemudian memilih menggunakan cara lain, misalnya mengandalkan tisu dapur. Jadi tisu dapur ini akan dimasukkan ke kotak makan, lalu beri tambahan sabun cuci piring dan sedikit air. Setelah itu, kotak makan ditutup dan dikocok-kocok.

Tisu dapur dianggap mampu menyerap minyak dan sisa lemak di permukaan kotak makan. Walau ampuh, namun cara ini cenderung bikin boros tisu dapur. Pasalnya, penggunaan tisu ini bisa mencapai 2-3 lembar hanya untuk satu kotak makan saja.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa meniru cara lain yang dibagikan oleh pengguna YouTube FabioLou's Life ketika membersihkan kotak makan plastik.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya