Bukan sabun cuci piring, ini trik mengusir hama ulat pada tanaman sawi cuma pakai 1 jenis ampas dapur

Bukan sabun cuci piring, ini trik mengusir hama ulat pada tanaman sawi cuma pakai 1 jenis ampas dapur
foto: YouTube/tanaman rumah;YouTube/Tanam Menanam

Brilio.net - Menanam sayuran yang gampang tumbuh kini jadi hal yang lumrah dilakukan orang-orang untuk mencapai swasembada pangan. Salah satu sayuran yang sering ditanam di rumah adalah sawi. Sayuran hijau satu ini memang mudah tumbuh meski hanya ditanam di lahan yang sempit seperti pot atau polybag.

Namun, terkadang ada saja kendala saat menanam tanaman sawi. Salah satunya gangguan hama ulat yang hinggap di tanaman sawi. Hal ini akan menghambat pertumbuhan tanaman. Alih-alih dipanen untuk diolah jadi masakan, tanaman sawi justru jadi berlubang dan berisiko mati begitu saja.

Untuk membasmi hama ulat pada tanaman sawi, kamu bisa menyemprotkan larutan sabun cuci piring. Dilansir dari yeserchem.com, sabun cuci piring mengandung surfaktan yang ampuh untuk mengusir hama di berbagai jenis tanaman. Sayangnya, jika takarannya berlebih, tanaman justru akan layu begitu saja.

Agar tak mengalami hal serupa, kamu bisa meniru cara membuat pestisida alami yang ditunjukkan oleh pengguna YouTube tanaman rumah. Di unggahan videonya, pria ini mengaku hanya mengandalkan satu jenis ampas dapur sebagai bahan utama cairan pestisida tanaman sawinya.

Ampas dapur yang digunakan adalah kulit bawang merah. Tinggal masukkan ampas dapur satu ini ke dalam panci berisi air. Jika sudah, aduk-aduk lalu tutup panci dan masak sampai air mendidih. Jika sudah, matikan api kompor lalu tunggu beberapa saat sampai air rebusan dingin.

"Perebusan kulit bawang bertujuan untuk penguraian zat/unsur dari kulit bawang akan jadi meningkat," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube tanaman rumah pada Selasa (5/12).

Bukan sabun cuci piring, ini trik mengusir hama ulat pada tanaman sawi cuma pakai 1 jenis ampas dapur

foto: YouTube/tanaman rumah

(brl/wen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya