Cara ampuh agar nasi tak cepat basi dan berkerak meski disimpan di rice cooker, pakai 1 bumbu dapur

Cara ampuh agar nasi tak cepat basi dan berkerak meski disimpan di rice cooker, pakai 1 bumbu dapur
foto: TikTok/@pakman3590

Brilio.net - Dewasa ini, sebagian besar orang Indonesia memilih menggunakan rice cooker untuk menanak nasi. Perabot elektronik satu ini memang bisa memudahkan dan mempersingkat waktu memasak. Bahkan kamu cukup memasukkan beras dan air ke dalam panci rice cooker dan membiarkannya matang dengan sendirinya.

Walau terbilang praktis, namun penggunaan rice cooker juga bukan tanpa masalah, lho. Biasanya, nasi yang disimpan di dalam rice cooker cenderung mudah kering karena dinding panci yang panas. Selain itu, rice cooker yang sudah dipakai dalam waktu lama cenderung bisa bikin nasi cepat basi.

Pada dasarnya, memang ada beberapa hal yang menyebabkan nasi cepat basi dan berkerak. Misalnya dari penggunaan beras yang kurang berkualitas atau mungkin takaran airnya yang tidak pas. Namun selain itu, komponen dalam rice cooker juga bisa memengaruhi hal tersebut, lho.

Seorang pengguna TikTok @pakman3590 pernah mengaku bahwa komponen penting yang menyebabkan nasi cepat basi dan berkerak adalah pada bagian pancinya. Dia mengaku panci yang kotor dan penuh bakteri bisa menyebabkan nasi cepat basi, bahkan berkerak ketika disimpan dalam rice cooker. Oleh sebab itu, pancinya harus dibersihkan dengan baik.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya