Tanpa ditambah minyak, ini trik menanak nasi agar tidak lengket di dasar panci rice cooker

Tanpa ditambah minyak, ini trik menanak nasi agar tidak lengket di dasar panci rice cooker
TikTok/@meji.com18

Brilio.net - Rice cooker jadi salah satu alat elektronik yang banyak orang punya. Bagaimana tidak, alat satu ini memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah untuk menanak nasi.

Cara menanak nasi pakai rice cooker juga terbilang praktis. Nasi yang sudah dicuci tinggal dituang ke panci rice cooker. Lalu ditambahkan air, tutup, dan nyalakan rice cooker. Pencet tombol 'cook', nasi pun matang dalam kisaran waktu 30-45 menit.

Tapi tidak selalu pemakain rice cooker itu gampang, lho. Terkadang ada saja masalah saat menanak nasi menggunakan rice cooker.

Misalnya ketika nasi sudah matang justru lengket di dasar rice cooker. Nasi lengket pun tidak enak dikonsumsi dan justru berubah jadi kerak.

Untuk menyiasatinya, kebanyakan orang menambahkan minyak goreng ke dalam beras sebelum dimasak. Bukan tanpa alasan, minyak akan membuat air dalam beras jadi lebih licin. Alhasil, nasi pun tidak menempel di dasar panci rice cooker. Meski ampuh, namun pastikan takaran minyak yang digunakan harus tepat. Jika kebanyakan, nasi malah jadi berminyak.

Nah, selain menuangkan minyak, kamu pun dapat menggunakan cara lain agar nasi jadi pulen dan tidak lengket di rice cooker.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya