Cara bikin dan menyimpan bumbu rica agar awet berbulan-bulan

Cara bikin dan menyimpan bumbu rica agar awet berbulan-bulan
Praktis Buat Ditiru Di Rumah~ |

Haluskan dulu semua bahan seperti cabai, jahe, serta lengkuas. Kamu bisa menambahkan sedikit air saat menghaluskan bumbu biar semuanya mudah hancur. Di samping itu, bawang merahnya tidak perlu ikut dihaluskan, melainkan diiris tipis saja. Sama halnya dengan serai, untuk bagian putih diiris, sementara bagian hijau (bertekstur keras) cukup digeprek saja.

Kamu dapat menggunakan MITOCHIBA Chopper Food CH100 untuk menghaluskan berbagai bahan bumbu rica ini. Saat membeli produk ini kamu akan mendapatkan berbagai kelengkapan seperti 1 chopper besar 1.5 L, 1 chopper kecil 700 mL, 1 pengocok telur, serta 4 set mata pisau loh. Kamu tinggal pilih saja aksesoris tepat mana yang akan digunakan mengolah bahan. Oleh sebab itu, yuk segera miliki produknya dengan klik di bawah ini.

"Bawang merahnya dirajang atau diiris tipis seperti ini, tidak dihaluskan, karena akan ditumis terlebih dahulu dan bisa menambah sedapnya bumbu rica ini, seperti ada bawang merah gorengnya gitu, walaupun tidak sampai kering. Jadi akan sangat beda dengan yang dihaluskan," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Dapur Cantik Channel pada Sabtu (22/4).

Cara bikin dan menyimpan bumbu rica agar awet berbulan-bulan

foto: YouTube/Dapur Cantik Channel

Setelah semua bumbu siap, saatnya memanaskan minyak di atas wajan. Bawang merah iris masuk duluan untuk ditumis sampai harum. Selanjutnya masukkan serai dan daun jeruk, tumis sampai layu. Baru masukkan bumbu halusnya. Masukkan juga bumbu bubuk seperti garam dan penyedap, lantas masak sambil terus diaduk.

"Minyaknya harus banyak supaya tahan lama. Masak juga sampai kandungan airnya benar-benar habis supaya bisa disimpan dan tahan lama," kata pemilik akun YouTube Dapur Cantik Channel.

Cara bikin dan menyimpan bumbu rica agar awet berbulan-bulan

foto: YouTube/Dapur Cantik Channel

Jika kadar airnya sudah habis, api kompor bisa dimatikan dan dinginkan terlebih dahulu bumbu rica sebelum disimpan. Biar awet, bumbu rica bisa diletakkan di plastik atau toples kedap udara. Selanjutnya, baru simpan bumbu rica di dalam kulkas, baik chiller ataupun freezer.

"Di kulkas bisa tahan 1 sampai 2 minggu, apalagi diletakkan di freezer, dia bisa tahan berbulan-bulan," katanya.

Cara bikin dan menyimpan bumbu rica agar awet berbulan-bulan

foto: YouTube/Dapur Cantik Channel

Gimana, terlihat menggiurkan banget ya bumbu rica ini? Kalau kamu tertarik, cus langsung eksekusi cara bikinnya di rumah buat jadi stok bumbu dapur. Warganet lain pun terlihat antusias dengan olahan bumbu rica ini lho, terbukti dari penonton yang sudah lebih dari tiga ribu kali.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya