Cara cepat membedakan madu asli dan palsu tanpa perlu dicampur air atau dipanaskan

Cara cepat membedakan madu asli dan palsu tanpa perlu dicampur air atau dipanaskan
YouTube/sport Zeki

Brilio.net - Sejak dulu, madu dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari mayoclinic.com, madu mengandung zat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Kandungan tersebut membuatnya sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah batuk dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain untuk obat tradisional, madu juga sering dicampurkan pada berbagai macam minuman atau makanan. Rasa manis alami pada madu memang bisa meningkatkan cita rasa pada sejumlah minuman atau makanan. Nggak heran kalau madu dianggap sebagai bahan makanan yang wajib ada di rumah.

Sayangnya karena memiliki banyak peminat, tidak sedikit kemudian oknum pedagang nakal yang memanfaatkan peluang tersebut. Alih-alih menjual madu murni, mereka memilih untuk mengoplos atau mencampur madu dengan bahan lain, seperti air, gula, atau sirup. Madu palsu atau campuran ini lantas dijual dengan harga yang sama tingginya dengan madu murni.

Padahal ketika sudah dicampur, kandungan nutrisi pada madu tentu berubah. Hal ini juga akan berpengaruh pada khasiat madu saat dikonsumsi. Oleh sebab itu, cara paling aman yang bisa dilakukan sebagai konsumen adalah dengan lebih selektif memilih madu yang akan dibeli.

Pada dasarnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membedakan madu asli dan palsu. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah dengan mencampur madu dengan air. Atau ada juga yang memilih memanaskan madu menggunakan api untuk mengetahui kekentalannya.

Nah, selain kedua cara tersebut, sebenarnya ada teknik lain yang nggak kalah ampuh dan tentunya lebih cepat, lho. Seorang pengguna dengan akun YouTube sport Zeki pernah membagikan trik membedakan madu melalui salah satu video yang diunggah.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya