Tanpa direndam pemutih dan sitrun, ini trik bersihkan kerak minuman di gelas kaca pakai 2 bahan dapur

Tanpa direndam pemutih dan sitrun, ini trik bersihkan kerak minuman di gelas kaca pakai 2 bahan dapur
YouTube/@renyvirgiant

Brilio.net - Gelas kaca cenderung tahan suhu ekstrem, oleh sebab itu cocok dipakai untuk wadah air panas atau dingin.

Namun perlu diketahui bahwa gelas kaca juga punya kekurangan. Seiring pemakaian, gelas tersebut bisa kusam, lho. Hal ini disebabkan karena permukaan gelas tertutup oleh noda kerak dari berbagai macam minuman, seperti kopi atau teh.

Minuman yang berwarna seperti kopi dan teh memang kerap meninggalkan bekas noda. Nah, noda ini seringkali mengendap dan tidak bisa hilang hanya dengan mencuci gelas menggunakan sabun. Alhasil, banyak orang membiarkan gelas kaca dengan kondisi kusam dan kotor seperti itu.

Jika sudah sangat berkerak, sebagian orang biasanya akan menggunakan bahan-bahan khusus. Misalnya dengan merendam gelas di dalam air yang sudah diberi cairan pemutih. Selain itu, ada juga yang memilih menggosok atau merendam gelas dengan campuran sitrun.

Kedua bahan tersebut memang ampuh menghilangkan kerak minuman pada gelas kaca. Sayangnya, penggunaan dua bahan ini bukan tanpa risiko, lho. Jika menggunakan cairan pemutih, akan sangat mungkin bekas cairannya menempel dan mengontaminasi minuman yang dimasukkan ke gelas tersebut. Sedangkan sitrun masih jadi barang langka yang sulit dicari. Hanya toko tertentu yang menjual pembersih satu ini.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan bahan yang lebih sederhana dan aman digunakan, nih. Seorang pengguna YouTube @renyvirgiant pernah membagikan trik yang dipakai untuk membersihkan kerak minuman pada gelas kaca ini. Dalam salah satu video yang diunggah, dia menampilkan dua gelas berbeda.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya