Cara cepat merebus kikil agar empuk dalam 5 menit tanpa presto cuma pakai 4 bahan dapur

Cara cepat merebus kikil agar empuk dalam 5 menit tanpa presto cuma pakai 4 bahan dapur
TikTok/misshanaid

Brilio.net - Kikil termasuk bagian dari daging sapi atau kambing yang sering diolah jadi makanan. Biasanya kikil ini dijadikan bahan utama atau tambahan di berbagai menu makanan, seperti tumis kikil atau sup. Salah satu hal yang menarik perhatian dari olahan kikil adalah teksturnya kenyal dan lembut.

Namun perlu diketahui bahwa untuk mendapat tekstur lembut, kikil perlu direbus dalam waktu lama. Durasi perebusan ini bisa mencapai 2-3 jam jika menggunakan panci biasa. Saat masih mentah, tekstur kikil sangat alot, sehingga butuh waktu lama untuk melunakkannya.

Lamanya perebusan kikil membuat sejumlah orang biasanya akan mengandalkan presto. Jenis panci satu ini memang bisa mempersingkat proses memasak, termasuk perebusan kikil. Jika menggunakan panci presto, kikil bisa empuk dalam waktu 1 jam saja.

Walau masih terbilang cukup lama, namun presto bisa lebih menghemat gas kompor dan waktu memasak jika dibandingkan dengan merebus kikil dalam panci biasa. Tapi tahu nggak, sih? Sebenarnya kikil bisa direbus dengan waktu yang lebih singkat dari itu.

Salah satu pengguna TikTok dengan akun @misshanaid pernah membuktikan cara cepat merebus kikil. Tak tanggung-tanggung, kikil tersebut bisa lembut hanya dalam 5 menit. Singkatnya durasi perebusan ini tentu bikin hemat gas kompor dan waktu memasak.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya