Hanya 20 menit, ini cara merebus kikil sapi supaya cepat empuk dan antiamis tanpa presto

Hanya 20 menit, ini cara merebus kikil sapi supaya cepat empuk dan antiamis tanpa presto
foto: YouTube/Pawone Amala

Brilio.net - Kikil sapi memiliki tekstur kenyal, tidak terlalu lembek ataupun terlalu kaku. Bagian kaki sapi ini sering diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti sop, aneka tumisan, hingga masakan pedas. Teksturnya yang kenyal dan bumbu yang lezat memberikan sensasi tersendiri saat menyantap olahan kikil.

Di sisi lain, teksturnya yang kenyal ini membuat kikil harus diolah dengan teknik tertentu. Jadi, sebelum dimasak dengan bumbu-bumbu, kikil perlu direbus agar teksturnya lebih empuk dan mudah dikunyah. Tak hanya bikin empuk, perebusan ini juga bertujuan mengurangi bau tak sedap pada kikil.

Sayangnya, perebusan kikil ini membutuhkan waktu lama. Jika menggunakan panci biasa, kamu harus merebusnya selama 2-3 jam agar empuk. Sedangkan jika memakai panci presto, waktu perebusan bisa dipangkas hingga 1 jam saja. Walau lebih pendek, namun durasi tersebut tetap memakan banyak waktu memasak dan boros gas.

Padahal jika mengetahui tekniknya, proses perebusan kikil ini bisa dipangkas lagi hanya 20 menit saja, lho. Seorang pengguna YouTube bernama Pawone Amala pernah membagikannya. Melalui unggahannya di YouTube pribadi, dia menjelaskan lebih lanjut tentang cara mudah merebus kikil agar empuk dan tak bau amis walau tanpa presto. Penasaran langkahnya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya