Tak perlu dikerok atau dibakar, ini cara mudah membersihkan bulu pada kikil sapi

Tak perlu dikerok atau dibakar, ini cara mudah membersihkan bulu pada kikil sapi
YouTube/Pro MN Kuliner

Brilio.net - Kulit sapi atau lebih dikenal dengan kikil lezat apabila diolah dengan cara yang benar. Banyak sekali variasi olahan kikil yang bisa dibuat, mulai dari dioseng, dibikin gulai, dibumbu mercon, dicampur sambal goreng, ditumis bersama kentang, dan lain sebagainya.

Sayangnya kikil sapi dianggap sebagai makanan yang tak menyehatkan, lho. Padahal, kikil punya sederet manfaat untuk kesehatan, nih. Dilansir dari dfnigeriafoodtruck.com, kikil mengandung kolagen, yakni sejenis protein yang bisa menyehatkan kulit dan menjaga berat badan stabil. Wah, sudah rasanya enak, kikil ternyata juga bernutrisi, ya?

Namun ketika membeli kikil di pasar, nggak selamanya sudah dalam kondisi bersih. Dengan kata lain, kamu perlu membersihkan kikil sendiri sebelum mulai diolah. Terutama bagian bulunya yang masih menempel.

Kebanyakan orang mengeluarkan tenaga ekstra ketika membersihkan bulu kikil. Ada yang sengaja mengeroknya maupun menggunakan cara dibakar supaya cepat rontok. Namun, terlepas dari dua cara tersebut, ada satu cara lagi yang sebenarnya bisa kamu praktikkan.

Cara ini sempat pula dibagikan oleh salah seorang warganet lewat unggahan di akun YouTube Pro MN Kuliner. Menurutnya, cara ini lebih simpel karena bulu di kikil sapi bisa langsung dicabut pakai tangan, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya