Cara jitu menyimpan sisa santan agar awet dan tak menggumpal

Cara jitu menyimpan sisa santan agar awet dan tak menggumpal
foto: TikTok/@ninazeidin

Brilio.net - Santan sering digunakan untuk memasak beragam hidangan seperti gulai, rendang, lodeh, dan lain sebagainya. Berasal dari buah kelapa, santan ini dikenal bisa memberikan cita rasa gurih dan nikmat pada masakan. Namun, mengonsumsi santan sebaiknya tak perlu berlebihan agar tidak berdampak buruk pada kesehatan.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, santan yang dikonsumsi secara berlebih bisa meningkatkan kadar kalori dan lemak di dalam tubuh. Sudah nggak heran lagi kalau orang-orang yang menjalankan diet kerap menghindari makanan bersantan, ya?

Di samping itu, saat masak hidangan bersantan di rumah, terkadang satu bungkus santan yang dibeli di pasaran porsinya dianggap terlalu banyak, sehingga masih ada sisa. Sisa santan ini akan sangat disayangkan jika dibuang, kan? Alhasil, banyak orang memilih menyimpannya di kulkas agar bisa digunakan lagi di kemudian hari.

Tetapi, sisa santan yang disimpan begitu saja di kulkas bisa-bisa menggumpal dan kurang nikmat lagi, lho. Jangan khawatir dulu, karena kamu bisa meniru cara menyimpan sisa santan yang dibagikan oleh warganet bernama Nina. Ia mengaku, dengan cara ini, santan sisa nggak akan menggumpal dan lebih awet.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya