Tak perlu diaduk terus menerus, ini trik masak gulai agar tidak pecah santan

Tak perlu diaduk terus menerus, ini trik masak gulai agar tidak pecah santan
YouTube/Silvia Norman

Brilio.net - Gulai identik dengan kuah santan berempah kekuningan. tampilannya cantik saat dihidangkan. Apalagi, kalau gulai bukan hanya diisi dengan daging hewani, tapi juga sayur kol, tomat, daun bawang, serta taburan bawang goreng. Makanya menu satu ini meskipun sederhana, tapi saat dihidangkan bisa selayaknya makanan restoran.

Penggemar gulai juga bisa memasak menu ini pakai berbagai macam daging hewani, mulai dari ayam, ikan, daging sapi, daging kambing, telur rebus, tahu, dan masih banyak lagi. Di sisi lain, penggemar pedas juga bisa mengatur bumbunya pakai tambahan cabai yang banyak biar rasanya lebih nendang. Saat disantap pakai nasi hangat, auto bikin ketagihan, sih.

Tapi, banyak orang yang terkadang ogah masak gulai. Salah satu alasannya karena dianggap menyita banyak waktu. Pasalnya, saat direbus, gulai harus terus menerus diaduk biar santannya tidak pecah. Kalau santan sudah pecah, bukan hanya rasanya yang jadi kurang nikmat, tapi penampilan kuah gulai juga tak menarik lagi.

Nah, salah seorang warganet bernama Silvia punya triknya biar saat masak gulai, hidangan ini bisa ditinggal, nih. Kuncinya bukan dari bahan-bahan yang dipakai, melainkan teknik memasaknya. Dijamin, kalau sudah tepat, santan pada kuah gulai ini nggak mudah pecah meskipun ditinggal melakukan aktivitas lainnya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya