Cara membuat bakwan sayur tebal dan renyah hingga seharian tanpa baking powder, cukup tambah 1 bahan

Cara membuat bakwan sayur tebal dan renyah hingga seharian tanpa baking powder, cukup tambah 1 bahan
YouTube/Nuraaini Soewarto

Brilio.net - Salah satu jenis gorengan yang memiliki banyak penggemar adalah bakwan. Jenis gorengan satu ini bisa dibuat dengan berbagai macam bahan, salah satunya adalah sayuran. Bakwan sayur biasanya dibuat dari wortel, kol, buncis, tauge, dan lainnya. Sederet sayuran tersebut pun bisa dijadikan satu supaya adonan bakwan kian tebal.

Selain sayuran, bakwan juga dibuat menggunakan bahan dasar tepung terigu. Nah, tepung ini berfungsi sebagai pengikat sayurannya. Selain itu, tepung juga membuat adonan bakwan jadi renyah saat digoreng, lho.

Tapi jika menggunakan tepung saja, biasanya bakwan bisa langsung lembek saat sudah dingin. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebagian orang biasanya akan menambahkan bahan lain, seperti baking powder. Baking powder dipakai sebagai pengembang, dipercaya bisa membuat adonan bakwan renyah dan krispi tahan lama.

Namun baking powder juga bisa memberikan efek lain pada adonan bakwan. Sekalipun teksturnya jadi renyah, tapi rasa bakwan dapat berubah pahit, lho. Baking powder pada dasarnya punya rasa pahit yang pekat, sehingga bisa memengaruhi rasa adonan secara menyeluruh.

Sebenarnya ada bahan lain yang lebih efektif untuk merenyahkan adonan bakwan sayur selain pakai baking powder, nih. Seorang pengguna YouTube bernama Nuraaini Soewarto pernah membagikan trik membuat bakwan sayur yang renyah meskipun teksturnya cukup tebal. Tak tanggung-tanggung, kerenyahan ini bisa bertahan lama sekalipun bakwan sudah dalam kondisi dingin, lho.

"Bakwan krispi, kekrispiannya tahan seharian. Membuatnya mudah banget, cocok buat camilan," terang YouTube Nuraaini Soewarto, dikutip BrilioFood pada Sabtu (5/8).


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya