Cara membungkus onigiri, praktis dan cocok untuk bekal

Cara membungkus onigiri, praktis dan cocok untuk bekal
TikTok/@kims_cocina

Brilio.net - Penggemar makanan khas Jepang pasti sudah nggak asing dengan onigiri. Makanan satu ini juga sudah banyak dijual di minimarket terdekat, lho. Umumnya, onigiri terbuat dari nori yang membungkus nasi serta isian lauk di dalamnya.

Lauk onigiri pun banyak macamnya, ada ayam, ikan, abon, dan masih banyak lagi lainnya. Lantaran bahan-bahannya yang simpel, onigiri ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Selain itu, cocok pula dijadikan bekal saat bepergian karena makanan ini sangat mudah disantap tanpa alat makan apapun.

Untuk membungkus onigiri ini memang gampang-gampang susah. Di pasaran, memang sudah banyak dijual plastik serta nori instan khusus untuk membungkus onigiri. Tetapi, onigiri bisa pula dibungkus secara manual, nih.

Salah seorang warga TikTok bernama Dason Kim baru-baru ini membagikan sebuah video yang memperlihatkan cara membungkus onigiri menggunakan aluminium foil. Menurutnya, pemakaian alat ini jauh lebih murah dibandingkan membeli plastik nori instan yang dijual di pasaran.

"Don’t buy it but make it for these recipes! (Tak perlu beli, buat aja untuk bikin onigiri ini!)," tulisnya dilansir BrilioFood dari TikTok/@kims_cocina pada Selasa (11/10).

Meski tidak menggunakan plastik seperti onigiri yang dijual di pasaran, tapi fungsi aluminium foil tetap sama. Selain menjaga nasi tidak mudah kering, aluminium foil juga berguna sebagai pembatas antara nasi dan nori. Dengan begitu nori jadi tetap kering karena tidak bersentuhan secara langsung dengan nasi saat dibungkus.

Sebelum dibungkus, rentangkan terlebih dahulu aluminium foil secukupnya di atas meja. Kemudian, letakkan nori tepat di bagian tengahnya. Lalu lipat dari kiri dan kanan aluminium foil ke arah tengah sampai nori tersembunyi di dalamnya. Usahakan nori tak bergerak ke mana-mana saat melipat aluminium foil.

Cara membungkus onigiri, praktis dan cocok untuk bekal

foto: TikTok/@kims_cocina

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya