Cara memilih daun jeruk purut yang aromanya harum dan rasanya tak pahit, perhatikan bentuk dan warna

Cara memilih daun jeruk purut yang aromanya harum dan rasanya tak pahit, perhatikan bentuk dan warna
foto: YouTube/dwi exotic

Brilio.net - Penggunaan daun jeruk purut untuk memasak memang sudah sangat lumrah. Jenis rempah daun ini bahkan kerap dipakai dalam berbagai masakan khas Indonesia, seperti soto, sambal, rempeyek, hingga basreng. Selain untuk penyedap, daun jeruk juga seringkali dimanfaatkan sebagai perasa makanan agar semakin lezat.

Namun tak hanya memiliki rasa dan aroma yang lezat, daun jeruk purut juga dikenal dengan segudang manfaat kesehatan saat dikonsumsi. Dilansir dari Healthline, daun jeruk purut bisa mengurangi inflamasi, mempercepat proses penyembuhan sariawan, hingga menjaga kesehatan rambut. Nggak heran jika banyak orang gemar menambahkan daun jeruk purut ke dalam masakan yang dibuat.

Tapi perlu diketahui bahwa tidak semua daun jeruk purut memiliki aroma yang harum dan rasa lezat, lho. Beberapa jenis daun jeruk purut memiliki rasa pahit dan aromanya pun kurang harum. Jika ditambahkan ke dalam masakan, tentu akan memengaruhi rasa dan aroma secara keseluruhan.

Jika ingin menggunakan daun jeruk purut saat memasak, pastikan kamu memilihnya dengan seksama, ya. Daun jeruk purut dengan aroma harum dan rasa tak pahit pada dasarnya memiliki ciri khas tersendiri. Nah, seorang pengguna YouTube dwi exotic pernah membagikan ciri-ciri tersebut untuk memilih daun jeruk purut yang harum dan tak pahit.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya