Cara menghilangkan pengawet dan bahan kimia pada ikan teri, mudah disontek

Cara menghilangkan pengawet dan bahan kimia pada ikan teri, mudah disontek
foto: YouTube/DAPUR VEMPIDOU

Brilio.net - Mengawetkan makanan dengan bahan kimia memang sudah umum dilakukan. Di Indonesia, sejumlah bahan makanan, terutama yang diproduksi skala besar akan diawetkan dengan bahan kimia tertentu. Tentu dengan catatan bahwa bahan kimia yang digunakan sudah melalui uji keamanan pangan.

Walau memiliki label aman, tetap tidak dapat dipungkiri bahwa konsumsi makanan berpengawet dalam jumlah besar bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Dilansir dari health.harvard.edu, pengawet kimia pada makanan bisa mengganggu tiroid dan kemampuan darah untuk mengantarkan oksigen ke semua organ tubuh. Tidak hanya itu, pengawet berbahan kimia juga dapat meningkatkan risiko kanker tertentu.

Umumnya, pengawet kimia diberikan pada makanan-makanan olahan. Namun kini ada banyak makanan segar, seperti ikan teri yang diberi bahan kimia sebagai pengawetnya. Pemberian bahan ini bertujuan supaya ikan teri tidak mudah busuk saat sampai ke tangan konsumen.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini. Selain lebih selektif memilih ikan teri yang dibeli, proses pengolahan juga dapat membantu menghilangkan pengawet dan bahan kimia pada ikan teri. Cara ini pernah dibagikan oleh seorang warganet YouTube bernama DAPUR VEMPIDOU dalam salah satu video yang diunggah.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya