Cara menyimpan baking soda yang sudah dibuka agar teksturnya tak berubah sebelum tanggal kedaluwarsa

Cara menyimpan baking soda yang sudah dibuka agar teksturnya tak berubah sebelum tanggal kedaluwarsa
YouTube/NHM Kitchen

Brilio.net - Baking soda kerap digunakan untuk membuat kue. Fungsi utama baking soda adalah sebagai bahan pengembang yang akan memperbaiki tekstur adonan jadi lebih berpori-pori. Tapi selain itu, baking soda atau soda kue juga kerap ditambahkan ke dalam adonan gorengan supaya hasilnya lebih garing dan renyah.

Bahan satu ini memang punya banyak fungsi. Selain untuk campuran adonan, baking soda juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembersih. Sifatnya yang basa bisa membantu menghilangkan noda ataupun bau tak sedap di permukaan benda.

Karena sering dimanfaatkan, baking soda ini jadi salah satu bahan yang wajib ada di dapur. Tapi jika memiliki baking soda di rumah, pastikan kamu menyimpannya dengan baik, ya. Bukan tanpa alasan, baking soda yang sudah dibuka kemasannya biasanya akan berubah sebelum tanggal kedaluwarsa.

Perubahan pada baking soda ini bisa dilihat dari teksturnya. Tekstur baking soda yang semula berbentuk serbuk bisa padat dan mengeras. Hal ini biasanya disebabkan oleh paparan udara yang secara terus menerus mengenai permukaan baking soda.

Sayangnya, baking soda yang sudah mengeras ini biasanya jadi lebih sulit digunakan. Bahkan terkadang, baking soda yang sudah mengeras ini jadi nggak bisa dipakai lagi, karena nggak bisa membuat adonan mengembang. Sangat disayangkan, bukan?

Jika masih bingung, kamu bisa meniru cara menyimpan baking soda yang dibagikan oleh pengguna YouTube NHM Kitchen. Melalui salah satu unggahannya, dia mengaku baking soda yang disimpan bisa awet berbulan-bulan. Bahkan teksturnya tidak berubah sebelum tanggal kedaluwarsa, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya