Bukan dijemur atau dioven, cara cepat mengeringkan daun jeruk ini bikin warnanya tetap hijau segar

Bukan dijemur atau dioven, cara cepat mengeringkan daun jeruk ini bikin warnanya tetap hijau segar
YouTube/Lailiyah ahmad

Brilio.net - Daun jeruk termasuk bumbu dapur yang kerap digunakan dalam berbagai macam masakan. Bisa untuk nasi liwet, campuran sambal, aneka tumisan ikan, pepes, hingga hidangan kari. Aromanya yang khas memang bisa membuat masakan jadi semakin sedap dan lezat.

Saking seringnya dipakai, sebagian orang kemudian memilih menanam sendiri pohon jeruk purut di pekarangan rumah. Jika dibutuhkan sewaktu-waktu, bisa tinggal petik daunnya untuk dipakai. Di sisi lain, ada juga yang lebih memilih membelinya dalam jumlah banyak untuk disimpan sebagai stok.

Memang ada banyak cara untuk menyimpan daun jeruk ini. Ada yang menyimpannya di kulkas, membekukannya di freezer, atau bahkan mengolahnya jadi bumbu bubuk. Selain itu, ada juga yang memilih mengeringkan daun jeruk.

Tapi berbicara soal daun jeruk yang dikeringkan, banyak yang mengaku rasa daun jeruk makin nikmat karena getirnya hilang, lho. Di sisi lain, daun jeruk yang dikeringkan biasanya berubah warna jadi kecokelatan. Dalam beberapa kasus, daun jeruk bahkan semakin hitam jika dikeringkan.

Sebagian besar orang biasanya akan mengandalkan suhu panas untuk mengeringkan daun jeruk. Suhu panas ini bisa berasal dari sinar matahari (dengan cara dijemur) atau dengan oven. Nah, suhu panas inilah yang berpotensi membuat permukaan daun berubah warna jadi cokelat atau bahkan hitam.

Untuk mencegah hal tersebut, ternyata ada sebuah trik yang bisa diterapkan, lho. Seorang pengguna YouTube bernama Lailiyah ahmad pernah membagikan trik mengeringkan daun jeruk tanpa dijemur atau menggunakan oven. Siapa sangka, cara tersebut bisa bikin daun jeruk cepat kering tanpa berubah warna.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya