Cara menyimpan kencur agar tetap segar dan tahan hingga setahun

Cara menyimpan kencur agar tetap segar dan tahan hingga setahun
freepik.com

Brilio.net - Kencur memiliki nama latin Kaempferia galanga L merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan oleh masyarakat. Kencur memiliki tampilan mirip jahe karena masih berasal dari jenis yang sama. Tak heran, apabila banyak orang masih sering tertukar mana yang kencur dan jahe.

Kencur sendiri memiliki cita rasa unik. Terdapat sensasi pahit, pedas, dan terasa hangat saat masuk ke tubuh. Kencur pun biasa digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Kencur juga sering dimanfaatkan sebagai obat alami. Misalnya untuk membantu mengobati batuk, flu, penghilang stres, menyembuhkan diare, dan lainnya.

Karena manfaatnya begitu banyak, tak jarang orang sengaja membeli kencur dalam jumlah banyak. Nah, supaya kencur yang disimpan sebagai stok tetap segar dan tahan lama, jangan ditaruh sembarang tempat. Jika dibiarkan asal di suhu ruang, lama-kelamaan kencur akan ditumbuhi jamur.

Untuk meminimalisir tumbuh jamur pada kencur dan demi menjaga kesegarannya, kamu pun perlu tahu bagaimana cara menyimpan bahan dapur satu ini. Dilansir BrilioFood dari YouTube/Katy Hanebuth pada Sabtu (26/11), kencur yang ia simpan bisa tahan hingga satu tahun, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya