Cara menyimpan pepaya muda yang sudah diserut agar segar sampai berbulan-bulan

Cara menyimpan pepaya muda yang sudah diserut agar segar sampai berbulan-bulan
YouTube/Galeri Linda

Brilio.net - Pepaya jadi salah satu buah yang bisa dikonsumsi dalam kondisi matang maupun mentah. Saat sudah matang, tekstur pepaya akan lembut dan rasanya manis. Pepaya matang bisa diolah menjadi aneka hidangan lezat seperti jus, bahan dasar kue, puding, dan lainnya.

Berbeda halnya dengan pepaya mentah yang teksturnya keras. Sebelum siap dikonsumsi, pepaya mentah yang masih muda ini harus diolah terlebih dahulu. Biasanya, pepaya mudajustru dijadikan sebagai sayur karena teksturnya renyah dan rasanya gurih, misalnya ditumis atau dimasak bersama kuah santan.

Sebelum siap diolah, pepaya muda ini harus dipotong-potong terlebih dahulu. Namun karena memiliki tekstur yang cukup keras, sebagian orang biasanya memilih untuk menyerut pepaya muda atau mengirisnya hingga tipis. Bentuk serutan inilah yang nantinya membuat pepaya muda jadi lebih mudah diolah dan dikonsumsi.

Sayangnya, pepaya ini termasuk klimaterik, yakni buah yang bisa cepat matang setelah dipetik. Proses pematangan ini bahkan tetap bisa berlangsung ketika pepaya muda telah diserut sekalipun. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga pepaya muda agar tetap mentah dan teksturnya renyah.

Cara menyimpan pepaya muda, terutama yang sudah diserut supaya tetap terjaga kesegarannya pernah dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Galeri Linda.

"Ini pepaya serut yang saya beli di pasar. Karena belum ingin dimasak, jadi pepaya serut ini akan saya awetkan," tutur YouTube Galeri Linda.

Cara menyimpan pepaya muda yang sudah diserut agar segar sampai berbulan-bulan

foto: YouTube/Galeri Linda

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Mie Bar, nyobain bermacam-macam mie dari seluruh asia

    Jalan Makan Mie Bar, nyobain bermacam-macam mie dari seluruh asia

  • This Or That With Gratia Elena dan Agseisa, nyobain loaded fries kekinian yang kejunya luber-luber

    This Or That With Gratia Elena dan Agseisa, nyobain loaded fries kekinian yang kejunya luber-luber

  • Jalan Makan Ayam Gohyong, ngantre 2 jam demi kuliner garing dan gurih ini

    Jalan Makan Ayam Gohyong, ngantre 2 jam demi kuliner garing dan gurih ini

Review

Selengkapnya