8 Cara mudah membedakan ikan segar dan busuk, jangan terkecoh saat beli

8 Cara mudah membedakan ikan segar dan busuk, jangan terkecoh saat beli
Unsplash/Harris Vo

Brilio.net - Ikan bisa jadi salah satu alternatif sumber protein harian yang baik untuk tubuh. Dilansir dari doh.wa.gov, ikan mengandung berbagai nutrisi seperti asam lemak omega-3, vitamin, kalsium, mineral, dan lain-lain untuk menjaga imun tubuh dan kesehatan jantung. Di sisi lain, ikan pun dianjurkan untuk rutin dikonsumsi setidaknya dua kali seminggu, lho.

Ikan bisa dengan mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun swalayan. Namun sebelum membeli ikan, alangkah baiknya kamu harus tahu terlebih dahulu ciri-ciri yang masih segar dan sudah busuk. Pasalnya, kalau asal pilih dan tanpa disadari, ikan sudah busuk bisa membahayakan kesehatan, lho.

Dilansir dari tripprep.com, ikan yang sudah busuk berisiko ditumbuhi bakteri. Kemudian bisa menyebabkan keracunan. Usai mengonsumsi ikan busuk tersebut perut bisa-bisa mual, kulit gatal, pusing, berkeringat, diare, muntah-muntah, dan gangguan kesehatan lainnya. Tetapi tak perlu khawatir, cara mengetahui ciri ikan segar dan busuk itu mudah dilihat.

Apa saja dan bagaimana cara membedakan ikan segar dan busuk? Simak lansiran BrilioFood dari YouTube WAHYUDI EXTENSION VLOG dan Bkipm Ternate, Selasa (17/1).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya