Cara menyimpan santan kelapa sisa es, tetap segar meski tanpa kulkas

Cara menyimpan santan kelapa sisa es, tetap segar meski tanpa kulkas
YouTube/DAPURE NYONG

Brilio.net - Santan kelapa umumnya ditambahkan ke masakan untuk menghasilkan cita rasa gurih seperti gulai dan lodeh. Namun nggak cuma itu, santan kelapa juga kerap dijadikan sebagai campuran minuman segar, lho. Misalnya untuk es cincau, es cendol, es kacang merah, dan masih banyak lagi lainnya.

Rasa gurih dan creamy yang khas dari santan ini bisa bikin minuman jadi lebih enak. Ditambah segarnya es, bisa membuat minuman makin segar. Nggak heran jika minuman bersantan kerap dipilih sebagai pelepas dahaga.

Untuk membuat minuman bersantan dalam jumlah banyak, biasanya sebagian orang akan langsung mencampur santan dengan es batu. Dengan begitu santan akan semakin segar dan praktis digunakan. Cara seperti ini juga sering diterapkan oleh pedagang es keliling.

Mencampur santan dengan es batu memang lebih praktis. Namun hal ini bisa menimbulkan masalah tersendiri. Pasalnya santan termasuk bahan yang mudah basi dalam hitungan jam.

Oleh karena itu, campuran santan ini harus segera dihabiskan. Jika tidak, santan harus disimpan dengan baik. Bukan tanpa alasan, santan yang sudah dicampur es batu bisa dengan mudah cair dan bikin rasa serta kualitasnya menurun.

Beruntungnya, seorang pedagang es cincau bernama DAPURE NYONG pernah membagikan cara menyimpan santan kelapa sisa es melalui YouTube pribadinya. Di unggahan YouTube DAPURE NYONG, dia mengaku campuran santan dan es batu tersebut merupakan sisa jualan yang tidak habis. Oleh karena itu, dia perlu menyimpannya agar tetap segar dan bisa dijual kembali.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya