Cara mudah menghilangkan getah pisang di tangan, ampuh cuma pakai 2 bahan dapur

Cara mudah menghilangkan getah pisang di tangan, ampuh cuma pakai 2 bahan dapur
YouTube/PRADIPTA 17

Brilio.net - Beberapa jenis buah memiliki getah, misalnya pisang. Jenis pisang yang masih muda mengeluarkan getah cukup banyak ketika dikupas dan dipotong. Buah tropis ini pada dasarnya memang bisa dikonsumsi saat masih mentah, namun perlu proses pengolahan lebih lanjut.

Umumnya pisang muda dibuat jadi keripik. Ada juga yang memasaknya jadi bahan dasar bolu, es krim, gorengan, dan menu lainnya. Sebelum dicampur dengan bahan lain, buah pisang ini harus dikupas, dipotong, dan dihilangkan getahnya terlebih dahulu.

Getah pada buah pisang biasanya bisa hilang hanya dengan air. Jadi, pisang cukup direndam dalam air selama beberapa menit. Namun ada juga yang merendamnya dalam air kapur sirih supaya getah benar-benar hilang.

Sayangnya, getah pisang ini nggak cuma menempel di buahnya, lho. Saat dikupas dan dipotong, getah pisang juga bisa mengotori tangan. Karena teksturnya yang sangat lengket, getah ini bisa melekat kuat dan bikin tangan jadi hitam, lho.

Jika terlanjur melekat di tangan, getah pisangakan sulit dihilangkan. Bahkan sabun saja tidak ampuh mengangkat getah yang menempel. Oleh sebab itu, perlu cara dan bahan lain jika ingin membersihkan tangan yang penuh getah.

Beruntungnya, seorang warganet bernama Pradipta pernah membagikan cara sederhana untuk menghilangkan getah pisang ini. Melalui channel YouTube PRADIPTA PRADIPTA 17, dia menampilkan kondisi tangan yang hitam karena terkena getah. Saking tebalnya, getah tersebut tidak bisa dihilangkan hanya dengan sabun cuci piring saja.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya