Cukup modal Rp3.000, ini trik bikin pakan lele agar semakin gemuk pakai tambahan 3 bahan dapur

Cukup modal Rp3.000, ini trik bikin pakan lele agar semakin gemuk pakai tambahan 3 bahan dapur
foto: YouTube/Surya utama 22

Brilio.net - Pakan merupakan komponen paling penting dalam proses budidaya ikan lele. Sayangnya, banyak pembudidaya yang kerap mengeluhkan harga pakan yang mahal. Biasanya pakan lele terbuat dari pelet yang dijual dengan harga Rp12 ribu per kilogram.

Padahal jika bobot lele di kolam adalah 100 kg, maka pakan yang harus diberikan kisaran 3-5 kg per hari. Jadi total modal yang dikeluarkan bisa mencapai Rp36-60 ribu per hari hanya untuk biaya pakan. Jumlah tersebut tentu belum termasuk biaya perawatan lain, seperti ganti air dan proses pembersihan kolam.

Tingginya biaya pakan ini lantas membuat banyak orang enggan budidaya ikan lele. Karena alih-alih mendapat untung, justru ada sejumlah kerugian yang harus ditanggung. Padahal sebenarnya, ada pakan alternatif yang bisa dibuat sendiri dengan harga yang sangat terjangkau.

Seorang peternak lele bernama Surya pernah membagikan trik bikin pakan lele yang murah dari bahan sederhana. Melalui akun YouTube Surya utama 22, ia juga menyampaikan bahwa modal yang dikeluarkan cukup terjangkau. Hanya dengan Rp3.000 saja, dia bisa membuat pakan lele untuk 1 hari penuh. Meskipun modalnya terjangkau, namun pakan ini sangat berkualitas dan tinggi protein, sehingga lele bisa cepat gemuk.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya