Trik sederhana bikin pakan ayam fermentasi, baik untuk pencernaan ternak

Trik sederhana bikin pakan ayam fermentasi, baik untuk pencernaan ternak
TikTok/@ibun.tiktok

Brilio.net - Pakan ayam merupakan bahan makanan yang diberikan kepada ayam untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Biasanya, pakan ayam terdiri dari berbagai macam bahan baku. Mulai dari dedak, jagung, konsentrat protein, hingga aneka bahan pakan lain. Komponen tersebut lantas dicampur dengan proporsi tepat supaya ayam memperoleh nutrisi seimbang. Dengan begitu, hasil daging yang diternak juga jadi berkualitas.

Pakan ayam dengan formula tersebut biasanya dijual luas di pasaran. Bahkan ada juga yang menjual pakan yang sudah difermentasi. Pakan ayam fermentasi dianggap bisa membantu meningkatkan kualitas dedak dengan mengurangi kandungan anti-nutrisi seperti inhibitor trypsin dan fitat, serta meningkatkan kandungan asam amino sekaligus vitamin.

Sayangnya, pakan ayam fermentasi dari pabrikan kerap dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan pakan ayam atau dedak biasa. Oleh sebab itu, banyak peternak kemudian memilih untuk melakukan fermentasi sendiri pada pakan ayam miliknya. Pengguna TikTok @ibun.tiktok termasuk salah satunya.

Melalui video singkat yang diunggah, dia mengaku menggunakan bahan-bahan sederhana untuk membuat pakan ayam fermentasi. Selain bahannya yang sederhana, proses pembuatannya pun ternyata cukup mudah, lho. Bahkan fermentasi ini bisa dilakukan dalam waktu 1-2 hari saja. Cukup singkat, bukan?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya