Cukup pakai 1 jenis tepung, ini cara bikin tempe goreng lebih renyah tahan lama tanpa baking soda

Cukup pakai 1 jenis tepung, ini cara bikin tempe goreng lebih renyah tahan lama tanpa baking soda
foto: TikTok/@dapurasyi

Brilio.net - Tempe sudah menjadi salah satu bahan makanan yang disukai banyak orang. Harganya yang murah dan rasanya yang enak membuat banyak orang mengincar tempe sebagai lauk makan. Tak hanya itu, tempe juga mudah diolah jadi berbagai macam menu masakan.

Nah, salah satu olahan favorit banyak orang adalah tempe goreng. Hidangan ini punya rasa gurih dari bumbu marinasi. Selain itu, teksturnya yang renyah juga memberikan sensasi nikmat tersendiri saat menyantapnya.

Pada dasarnya ada banyak versi dari tempe goreng ini. Ada yang menggorengnya langsung setelah dimarinasi, namun ada juga yang kemudian menambahkan bahan pelapis agar lebih renyah. Biasanya bahan pelapis tempe terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan bumbu.

Nah, adonan pelapis tempe ini umumnya akan diberi bahan tambahan agar teksturnya semakin renyah. Salah satu bahan yang paling sering diandalkan adalah baking soda. Bahan pengembang ini bisa membuat adonan pelapis tempe jadi lebih renyah setelah digoreng nantinya.

Perlu diketahui bahwa penggunaan baking soda juga memberikan efek lain, loh. Jika takarannya tidak pas, akan sangat mungkin rasa tempe jadi pahit, sehingga kurang enak saat disantap. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang kemudian berpikir dua kali saat hendak menambahkan baking soda ke dalam adonan pelapis.

Jika kamu termasuk salah satu di antaranya, tak perlu khawatir. Ada alternatif lain yang bisa dilakukan jika ingin membuat tempe goreng renyah. Tak perlu tambahan baking soda, kamu dapat membuat adonan tempe yang renyah dalam waktu yang lama.

Trik bikin tempe goreng tanpa baking soda ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @dapurasyi. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan satu jenis tepung saja, yakni tepung terigu. Namun agar hasilnya bisa renyah, dia menggunakan sejumlah trik khusus.

(brl/lak)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya