Cukup tambah 1 bahan dapur, begini cara mencuci kain lap dapur dekil dan bau

Cukup tambah 1 bahan dapur, begini cara mencuci kain lap dapur dekil dan bau
YouTube/Adelia Fitri

Brilio.net - Jika terdapat kotoran dari sisa minyak atau masakan, kain lap dapur bisa dipakai untuk membersihkan noda tersebut. Lap dapur pun berfungsi menjaga dapur tetap bersih.

Namun karena sering dipakai membersihkan noda, lap dapur justru menjadi benda yang paling kotor dan menyimpan bakteri. Dilansir dari thehealthsite.com, sebuah penelitian menemukan bahwa lap dapur merupakan benda yang sangat terkontaminasi dan menampung banyak bakteri berbahaya. Bakteri ini berpotensi menyebar ke area dapur dan rumah jika lap dapur digunakan terus menerus dalam kondisi kotor seperti itu.

Maka dari itu, kain lap ini harus rutin dibersihkan secara berkala. Idealnya, kain lap perlu dicuci dua kali dalam seminggu. Dengan begitu, lap dapur bisa tetap higienis dan tidak mengandung banyak bakteri saat digunakan.

Detergen pembersih noda membandel kini banyak tersedia di pasaran. Jenisnya pun beragam ada gel dan juga bubuk. Detergen ini bisa mengatasi noda membandel pada baju bahkan kain lap. Berikut rekomendasi di bawah ini detergen pembersih kain lap termurah.

Sayangnya, tidak dapat dipungkiri bahwa kebersihan lap dapur ini masih kerap diabaikan oleh banyak orang. Alhasil, kain lap yang semula kinclong justru jadi dekil dan hitam. Bahkan tak jarang, ada bau tak sedap yang menguardari lap dapur ini.

Jika kondisinya sudah seperti ini, kain lap dapur harus dicuci dengan bahan dan cara khusus. Beruntungnya, seorang pengguna YouTube bernama Adelia Fitri pernah membagikan tutorial sederhana dalam mencuci kain lap dapur. Tak hanya menggunakan cairan pembersih, dia juga memakai tambahan satu bahan dapur supaya kain lap bisa benar-benar bersih kembali.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya