Tak perlu pakai deterjen, ini cara bersihkan gorden yang dekil dengan 3 bahan dapur

Tak perlu pakai deterjen, ini cara bersihkan gorden yang dekil dengan 3 bahan dapur
foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Brilio.net - Gorden umumnya terbuat dari aneka jenis kain yang berguna untuk menghalau cahaya baik dari dalam ataupun luar jendela. Variasi gorden yang dijual di pasaran pun beragam, sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan desain rumah masing-masing. Misalnya, gorden minimalis berwarna putih, abu-abu, cokelat, dan lain sebagainya.

Namun, meskipun hanya digantung begitu saja di jendela, gorden pun mudah kotor, lho. Biasanya, gorden dapat kotor karena banyak debu yang menempel. Selain itu, kalau jendela dapurmu terdapat gorden, bisa pula gorden ini kotor lantaran terkena cipratan minyak ataupun bahan masakan lain.

Jika sudah kotor dan dekil, pastinya gorden jadi kurang nyaman dilihat. Alih-alih mencuci sendiri, banyak orang memilih pakai jasa laundry saja untuk mencuci gorden. Pasalnya, banyak orang gagal mencuci gorden sampai bersih dan kinclong. Belum lagi, tenaga bisa cepat habis saat mencuci karena ukuran gorden cenderung besar.

Nah, biar nggak gagal lagi, kamu bisa meniru cara membersihkan gorden ala warganet bernama Zulaikha, nih. Zulaikha mengaku, ia punya cara jitu biar gorden bisa kinclong lagi tanpa deterjen sama sekali, melainkan hanya membutuhkan tiga bahan dapur. Kali ini, ia mempraktikkan caranya buat bersihkan gorden putih. Tapi, cara ini juga bisa digunakan di gorden berwarna, lho.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya