Cuma pakai 1 bahan dapur, begini cara mencegah tanaman cabai busuk dan rontok saat musim hujan

Cuma pakai 1 bahan dapur, begini cara mencegah tanaman cabai busuk dan rontok saat musim hujan
foto: TikTok/@tanduria.co

Brilio.net - Musim hujan kerap menjadi masalah tersendiri bagi para petani, termasuk petani cabai. Pada musim hujan, tanaman cabai sangat rentan terserang penyakit. Penyakit yang paling banyak ditemui pada musim hujan adalah patek atau busuk buah.

Pada dasarnya patek disebabkan oleh jamur bernama colletotrichum spp. Jamur ini berkembang pesat pada lingkungan yang lembap dan basah. Oleh sebab itu, banyak tanaman cabai yang mengalami gagal panen di musim hujan seperti ini. Selain karena busuk, jamur tersebut juga dapat membuat buah cabai rontok sebelum matang.

Mendapati tanaman cabai yang seperti itu tentu menjadi masalah tersendiri. Tak hanya bagi petani, setiap orang yang menanam cabai di halaman rumah juga bisa terkena penyakit tersebut. Alih-alih bisa memanen cabai, tanaman justru bisa berakhir busuk dan layu.

Padahal tahu nggak sih? Sebenarnya ada cara untuk mencegah hal tersebut dengan bahan sederhana. Bahan ini pernah digunakan oleh pengguna TikTok @tanduria.co. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku masalah cabai busuk inilah yang juga membuat harga cabai meningkat saat musim hujan karena banyak yang gagal panen. Oleh sebab itu, masalah cabai busuk dan rontok seperti itu harus dicegah.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya