Tanpa bumbu dapur, ini trik merawat pohon jeruk purut agar berbuah lebat dengan 1 jenis batang tanaman

Tanpa bumbu dapur, ini trik merawat pohon jeruk purut agar berbuah lebat dengan 1 jenis batang tanaman
YouTube/tanaman rumah

Brilio.net - Jeruk purut termasuk buah tropis yang tumbuh di berbagai wilayah Asia, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, jeruk purut sering digunakan sebagai bumbu aneka masakan seperti sup, tomyam, sambal, soto, dan masih banyak lainnya. Penambahan jeruk purut membuat rasa masakan semakin lezat dan menggugah selera.

Saking seringnya dipakai untuk campuran masakan, banyak orang kemudian menanam pohon jeruk purut ini di halaman rumah. Bukan tanpa alasan, karena selain buahnya, bagian daunnya juga bisa dijadikan bumbu masak.

Dengan menanam pohon jeruk purut sendiri, kamu bisa mengambil buah sekaligus daunnya saat dibutuhkan sewaktu-waktu.

Pada dasarnya, menumbuhkan pohon jeruk purut terbilang mudah. Tinggal siram air secara rutin, pohon jeruk purut tetap tumbuh dengan sendirinya. Namun, terkadang pertumbuhan pohonnya tidak diimbangi dengan buah yang lebat.

Mengetahui hal tersebut, sejumlah orang akhirnya memberikan pupuk yang berasal dari bumbu dapur seperti garam dan micin. Kandungan yang ada di dalam micin dan garam dianggap bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan pohon jeruk purut. Dengan begitu, pohon jeruk purut akan tumbuh dengan subur dan berbuah lebat.

Tapi kalau nggak mau stok bumbu dapur terbuang percuma, kamu bisa meniru yang dilakukan oleh pengguna YouTube tanaman rumah. Di unggahan videonya, tampak ia mengganti bumbu dapur dengan satu jenis batang tanaman. Meski begitu, hasilnya juga sesuai ekspektasi, lho. Pohon jeruk purut tumbuh subur dan berbuah lebat.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya