Jadi penyebab daun keriting, ini trik ampuh basmi hama pada tanaman cabai cukup pakai 1 jenis daun

Jadi penyebab daun keriting, ini trik ampuh basmi hama pada tanaman cabai cukup pakai 1 jenis daun
foto: YouTube/DARI KAMI UNTUK KAMU;YouTube/HYDROCEMPLUNG VERTICAL FARMING

Brilio.net - Tanaman cabai kerap ditanam di halaman rumah karena bisa tumbuh tanpa lahan yang luas. Dalam pot atau polybag sekalipun, tanaman cabai tetap bisa tumbuh subur. Dan yang terpenting, hasil buah cabainya bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam masakan.

Namun menanam tanaman cabai tentu harus dibarengi dengan perawatan yang baik. Bukan tanpa sebab, cabai termasuk tanaman yang mudah sekali terkena hama, seperti kutu putih, semut, thrips, tungau, hingga ulat. Nah, berbagai macam hama ini bisa memengaruhi pertumbuhan tanaman cabai secara menyeluruh, lho.

Di antara banyaknya hama, hama trips dan tungau harus paling diwaspadai karena bisa bikin daun jadi keriting. Kondisi daun yang keriting dapat menghambat proses fotosintesis. Alhasil tanaman tidak bisa tumbuh lebat, produktivitas tanaman jadi menurun, hingga terjadinya gagal panen.

Jika tanaman cabai di rumahnya mengalami masalah seperti itu, tak perlu khawatir. Pada dasarnya, hama ini bisa dibasmi dengan pestisida. Namun kamu tak perlu jauh-jauh membeli pestisida kimia yang mahal, karena cukup dengan bahan alami saja, kamu bisa meracik sendiri pestisida untuk tanaman cabai tersebut.

Lebih lanjut, seorang pengguna YouTube DARI KAMI UNTUK KAMI pernah membagikan bahan dasar dari pembuatan pestisida tersebut. Nah, pestisida ini bisa ampuh membasmi hama penyebab daun keriting pada tanaman cabai. Siapa sangka, tanaman cabai yang diberi pestisida ini bisa langsung sehat dan tumbuh subur.

Dilansir BrilioFood pada Selasa (5/12), bahan alami yang digunakan adalah daun sirsak. Nah, daun sirsak ini bisa dijadikan selingan pestisida yang terbuat dari bahan lain. Dalam hal ini, pengguna YouTube tersebut terkadang menggunakan jeruk nipis sebagai pestisida lainnya.

Jadi penyebab daun keriting, ini trik ampuh basmi hama pada tanaman cabai cukup pakai 1 jenis daun

foto: YouTube/DARI KAMI UNTUK KAMU

(brl/wen)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya